Abu nawas dan pemilik kebun




Sebuah Kisah
                Abu naswa dan pemilik kebun     
               
                Suatu saat Abu Nawas merasa sangat lapar . kala itu , kehidupannya sangat kritis . Saat yang sama tetangga sebelah nya memiliki kebun buah yang tengah lebat berbuah . Terbesitlah dalam pikiran Abu Nawas untuk mencuri buah-buah hak milik tetangganya . Tanpa berpikir panjang , dia menaiki pagar tetangga sebelahnya .  Setibanya di kebun buah itu ia langsung memanjat pohon dan memetik buah-buahan yang berada dekat dengan tangannya . Namun , pada saat yang sama , tetangganya itu keluar dari rumah .
                “Hai, Abu Nawas !apa yang sedang kau perbuat di kebunku ?”Dengan tergagap AbuNawas mnjawab ,”…Mmm begini pk , barusan terjadi angin kencang sehingga membawaku terlempar ke kebun ini .”
                “Lalu mengapa kau pegang buah-buahan itu ?”
                “ Ummm, yak arena anginnya sangat kencang hingga aku terpaksa brpegangan pada buah-buahan ini agar tidak terbawa jauh oleh angin .”
                ‘Lalu kenapa sebagian buah-buahan itu ada di dalam karung ?”
                “ummm,,,begini pak …mmm… baik , ini dia yang saya belum tahu jawabannya pak !”




Hikmah



          Kisah Abu Nawas memberi pelajaran kepada kita bahwa ketika satu kali berbohong maka akan terys melakukan kebahongan untuk menutupi kebohongan pertama . Oleh karena itu berhati-hatilah agar lisan kita tidak sampai mengucapkan kebohongan .
          Jangan diri kita diikat oleh kebohongan yang kita buat sendiri .Ibarat pepatah ,
          “Ikan yang busuk yang ditutupi Koran dan dibungkus kain tetap akan mengeluarkan bau . sama seperi kebohongan yang di tutupi pada akhirnya akan terbongkar .”
Share on Google Plus

About imam sahal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar